IGI Aceh Selatan Kerja Sama dengan Komunitas Guru Penggerak Latih Guru Pemanfaatan Canva


TAPAKTUAN – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Aceh Selatan setelah dilantik pengurus baru periode 2024-2029 melakukan kegiatan perdana dengan melatih guru-guru di Aceh bahkan se-Indonesia.

IGI bekerja sama dengan Komunitas Guru Penggerak (KGP) kabupaten setempat, sukses melaksanakan webinar dengan tema “Pemanfaatan Fitur-Fitur Terbaru Canva untuk Meningkatkan Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM).”

Kegiatan yang di ikut 500 orang guru se-Indonesia itu dilaksanakan melalui zoom berjalan lancar pada Kamis (7/2/2024).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Selatan, Annadwi SPd MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa guru tidak hanya terbatas pada memberikan materi pelajaran kepada siswa.

Akan tetapi katanya, juga memberikan pengalaman belajar yang menarik dan memikat.

“Dalam hal ini setiap guru harus selalu melakukan pengembangan diri untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” ujar Annadwi.

Narasumber dalam kegiatan ini, Qusthalani MPd menjelaskan, bahwasanya kehadiran teknologi sangatlah membantu para guru dalam menjalankan profesinya.

Qusthalani memberikan contoh, aplikasi Canva merupakan salah satu platform yang dapat dimanfaatkan dalam merancang media pembelajaran, baik berbentuk video, infografis, presentasi dan lain sebagainya.

Sementara itu, Ketua IGI Daerah Aceh Selatan, Rizal SPd MTESOL menyampaikan, kolaborasi antara organisasi profesi seperti ini perlu untuk di perkuat dan di dukung oleh berbagai pihak.

“Kolaborasi seperti ini dapat meminimalisir biaya dalam meningkatkan kompetensi guru yang ada di berbagai daerah,” ungkapnya.

Kata Rizal, ini adalah langkah awal bagu IGI Daerah Aceh Selatan selama kepengurusan baru, semoga tahap berikutnya akan ada lagi kegiatan-kegiatan lainnya untuk meningkatkan kompetensi guru. (*)

Sumber: https://acehsiana.com/igi-aceh-selatan-kerja-sama-dengan-komunitas-guru-penggerak-latih-guru-pemanfaatan-canva/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama