BUDAYA POSITIF BERDAMPAK POSITIF DALAM PENINGKATAN PRESTASI DAN KARAKTER SISWA DI SMA SWASTA DARUL IMAN

Dede Suhery, S.Pd., M.Pd
SMA Swasta Darul Iman, Kabupaten Aceh Tenggara


Sesuatu yang baik dilakukan pasti ada halangan dan rintangannya, begitu juga dengan penerapan budaya positif yang berpihak pada murid saya terapkan di sekolah yang saya pimpin yakni di SMA Swasta Darul Iman. Hal ini ditandai mulai dari pelaksanaan pembelajaran di kelas yang masih monoton, pembelajaran yang belum mampu melibatkan siswa seutuhnya, dan belum maksimal untuk menanamkan budaya positif dan karakter pada siswa di sekolah. Budaya positif di sekolah merupakan nilai-nilai atau keyakinan dan kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada siswa serta berdampak positif dalam peningkatan prestasi dan karakter siswa di sekolah.


Alhamdulillah perlahan tapi pasti, melalui kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh dewan guru serta para siswa, budaya positif dapat terlaksana dan dijalankan dengan baik di sekolah. Dalam hal ini, budaya positif sangatlah penting dalam mewujudkan siswa yang berprestasi dan memiliki karakter serta akhlak yang baik di sekolah. Oleh karena itu, kami terus berupaya dan berkomitmen dalam menjalankan budaya positif di sekolah, seperti penerapan 5S yakni ( senyum, salam, sapa, sopan dan santun). Karena banyak siswa dan siswi yang pintar di sekolah, akan tetapi tidak memiliki karakter dan akhlak yang baik serta belum dapat menjadi contoh tauladan bagi siswa yang lainnya.


Dengan adanya penerapan 5S di sekolah, siswa dan siswi semakin lebih aktif dan memiliki akhlak  serta karakter yang baik. Hal ini dikarenakan budaya positif ini sangat mempengaruhi siswa dan siswi disekolah, mereka merasa dihargai, diperhatikan serta merasa dekat dengan kita sebagai gurunya. Tidak ada lagi jarak dan batas penghalang antara siswa dan guru khususnya dalam hal positif. Pembelajaran di kelas juga semakin menarik dan menyenangkan, sehingga berdampak positif pada pemahaman dan pengetahuan siswa di sekolah.

 

Guru melaksanakan pembelajaran di kelas dengan memperhatikan kebutuhan belajar siswa, Minat belajar dan bakat siswa. Akhirnya Siswa menjadi nyaman di kelas, pembelajaran semakin aktif, kreatif dan inovatif. Sehingga hasilnya sekolah kami menjadi salah satu sekolah yang berprestasi, memiliki karakter yang baik dan dapat diperhitungkan menjadi salah satu sekolah yang terbaik di Aceh Tenggara dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang terbaik lainnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama