T E R P E S O N A (Tingkatkan Eksplorasi Dan Kolaborasi Lakukan Perubahan Bersama Serta Kenali Aset)

Mardiana
SD Negeri 1 Calang

Pendidikan guru penggerak mengajarkan saya mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah. Saya sangat bersyukur karena semakin paham bahwa sebenarnya bila diidenfikasi bersama warga sekolah. Banyak aset yang dimiliki sekolah.

SD Negeri 1 Calang berada di kota kecil pesisir pantai dengan pemandangan lanskap luarbiasa, tak jauh juga terdapat perbukitan yang siap dieksplorasi bersama murid, berada di seputaran asrama tentara dan polisi, dekat dengan perpustakaan daerah yang mempunyai berbagai koleksi buku menarik, orang tua yang mempunyai pekerjaan yang bervariasi juga mendukung kegiatan pembelajaran, taman mangrove yang siap dijajaki, tradisi daerah yang masih terjaga apik serta keunikan daerah lainnya.

Hal ini menggerakkan saya untuk mengajak semua pihak yang terkait dengan sekolah untuk duduk bersama berdiskusi melahirkan program-program bermutu untuk meningkatkan prestasi belajar murid. Berdialog dengan kepala sekolah dan rekan guru adalah langkah awal yang saya tapaki. Kemudian pihak sekolah mengundang orang tua, pengawas, komite, instransi terdekat (Disdik, TNI, Polisi, puskesmas, Pustaka daerah, lurah dll). Dalam kesempatan ini saya mencoba menggali potensi apa yang ada disetiap instansi dan lingkungan sekitar yang dapat dibawa kesekolah. Diskusi alot berlangsung dengan serunya. Dan ternyata setiap instansi mempunyai program keren untuk pendidikan yang perlu disalurkan.

Pustaka punya program OEN GACA (Lon Galak Baca), Puskesmas punya program Anak Sehat, Polisi punya pogra Polisi Cilik, TNI dengan Program Bus Ramah Anak. Orang tua juga sangat bersemangat mendukung segala program disekolah. Mereka siap membantu apa saja yang bisa dilakukan. Pengawas sangat mengapresiasikan giat ini.

Dari kegiatan diskusi mengali aset ini akhirnya kita mempunyai banyak program-program baru yang bisa dilaksanakan dengan kolaborasi berbagai pihak. Program yang awalnya kami pikir tidak mungkin dilakukan. Setelah dibicarakan bersama ternyata menjadi lebih mudah untuk direalisasikannya.

Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci kesuksesan disetiap pengembangan program sekolah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama